www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Kamis, 28 April 2011

BUPATI TANTANG KEPALA DESA CIPTAKAN KEMANDIRIAN PANGAN



Sungai Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menantang para kepala desa untuk menciptakan desa mandiri pangan dalam bentuk sayembara.
"Bagi kepala desa yang bisa berhasil membuat ketahanan pangan mandiri akan mendapatkan bantuan prioritas dalam pembangunan di bidang pertanian," kata Muda di Sungai Raya, Kamis.
Dia mengakui memang belum membuat format sayembara tersebut, namun hal itu kan dirancang secepatnya bersama Dinas Pertanian dan Peternakan serta beberapa instansi pemerintahan terkait lainnya di kabupaten tersebut.
Menurutnya, sayembara tersebut dilkakukan untuk memotivasi para kepala desa dalam mewujudkan percepatan pembangunan di bidang pertanian.
"Program percepatan dibidang pertanian sudah jelas kita konsepkan, sehingga tinggal menguatkan program tersebut di setiap desa," ucap Muda.
Muda mengatakan, jika persoalan pangan sudah bisa diselesaikan dengan baik di setiap desa, di mana desa sudah memiliki stok pangan yang cukup, maka program pembangunan lainnya akan bisa dilaksanakan dengan mudah.
"Kalau pangan sudah tercukupi, masyartakat tidak perlu lafgi memikirkan masalah perut, sehingga masyarakat akan lebih terfokus untuk memikirkan pembangunan lainnya seperti pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan dan infrastruktur," ucapnya.
Melihat masih luasnya lahan kosong yang belum tergarap di Kubu Raya, di yakin program pertnian di kabupaten itu bisa dilaksanakan dengan mudah.
"Yang pastinya kita akan habis-habisan untuk memajukan program ini. Tanpa bantuan masyarakat, berbagai program yang ada tentu tidak akan bisa berjalan, sehingga kita sangat membutuhkan bantuan masyarakat terutama kepala desa yang menjadi ujung tombak pemerintahan yang dekat dengan masyarakat," katanya.
Bupati beras itu menambahkan, untuk memaksimalkan program pertanian di Kubu Raya, tahun 2011 ini pihaknya telah membuka 2000 hektare lahan pertanian baru yang tersebar di sembilan kecamatan di Kubu Raya.
"Perluasan lahan pertanian tersebut diarahkan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan beras lokal di Kubu Raya," kata Muda.
Lanjutnya, saat ini kawasan pertanian di Kecamatan Sungai Kakap dan Batu Ampar menjadi unggulan dalam produksi beras di Kubu Raya.
Namun dengan adanya program rice estate itu, tidak hanya dua kecamatan itu saja yang menjadi unggulan penghasil beras, namun kecamatan lain juga akan diunggulkan.
"Kita optimis, apabila seluruh program berjalan dengan baik maka angka kemiskinan dan pengangguran di Kubu Raya akan berkurang dengan sendirinya," kata Muda.(ROx)