www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Minggu, 24 April 2011

KUBU RAYA WUJUDKAN DESA MANDIRI PANGAN



Rasau Jaya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak masyarakat Desa Pematang Tujuh untuk menciptakan kemandirian pangan sebagai langkah antisipasi krisis pangan yang sedang melanda dunia saat ini.
"Saat ini dunia sedang mengalami krisis pangan dan menyebabkan negara pengekspor beras mulai mengurangi pengeksporan mereka. Jika tidak cepat diantisipasi hal tersebut akan mengancam ketersediaan pangan dinegara kita," kata Muda saat menghadiri peringatan hari jadi Desa Pematang Tujuh ke empat di kecamatan Rasau Jaya, Minggu.
Menurutnya dengan menciptakan kemandirian pangan di desa maka banyak hal manfaat yang akan didapat oleh masyarakat. Selain ketersediaan pangan masyarakat bisa terpenuhi hal tersebut juga akan menekan jumlah pengangguran disetiap desa.
Dengan banyaknya lahan tidur yang tergarap tentu semakij banyak masyarakat yang bekerja. Dengan demikian, tingkat kesejahteraan masyarakat jelas bisa cepat tercapai.
"Hal yang paling mendasar dan akan dicapai adalah Kuhu Raya harus bethenti dari ketergantungan membeli beras dari luar. Makanya di manapun saya berkunjung saya tidak pernah bosan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan pertanian yang produktif," ucapnya.
Lanjutnya untuk menciptakan kemandirian pangan di desa, setiap desa harus memiliki lumbung padi sendiri. Setiap panen, petani harus bisa menyisihkan padi mereka dan disimpan secara bersama di dalam lumbung tersebut. Jika terjadi bencana, gagal panen dan musibah lainnya yang dapat mengancam ketahanan pangan maka desa itu tidak akan kekurangan pangan.
"Yang lebih penting adalah rasa kebersamaan dan gotong royong masyarakat akan lebih tinggi," ucap Muda.
Muda menambahkan pada tahin 2011 ini Kubu Raya mendapat bantuan dari Kementrian Pertanian sebesar Rp4 miliar yang dikhususkan untuk peningkatan sarana dan produktivitas pertanian. Untuk Kalimantan Barat, hanya Kubu Raya yang mendapatkan bantuan tersebut.
Hal tersebut menunjukkan antusias pemerintas pusat terhadap program pertanian di Kubu Raya. Bahkan jika pada tahun ini Kubu Raya mampu menjalankan program pertaniannya dengan baik, tahin depan anggaran bantuan tersebut akan di lipat gandakan.
"Hal itu saya harapkan dapat menjadi motivasi bagi masyarakat khususnya para petani untuk dapat meningkatkan hasil pertaniannya. Dalam hal, selaku pemkab kita akan fokus melakukan program secara berkesinambungan," ucap Muda.(ROx)