www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Senin, 25 April 2011

KUBU RAYA REALISASIKAN PENANAMAN DI RICE ESTATE



Sungai Raya - Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya Suharjo mengatakan saat ini pihaknya sudah mulai melakukan penanaman pada lima lokasi areal kawasan beras (rice estate) dari enam lokasi yang telah dicanangkan.
"Saat ini kita sudah mulai melakukan penanaman pada kawasan rice estate di lima lokasi yang telah ditentukan, tinggal di Teluk Empening, Kecamatan Terentang yang belum kita tanam," katanya di Sungai Raya, Senin.
Menurutnya, penanaman di Teluk Empening belum bisa dilakukan karena lahan yang akan dijadikan kawasan rice estate baru dibuka. Kemungkinan sekitar bulan Juli nanti hal baru bisa dilakukan penanaman.
Sementara itu, lima kawasan rice estate lainnya yang terletak di Kecamatan Sungai Kakap, Rasau Jaya, Sungai Raya, Kuala Mandor B dan Batu Ampar sudah dilakukan penanaman.
Untuk mendukung rice estate tersebut Pemkab Kubu Raya mendapatkan dana bantuan dari pemerintah pusat melalui program SLPTT dengan bantuan pengolahan lahan pertanian seluas 15.000 hektare.
"Bantuan itu rencananya akan kita salurkan disembilan kecamatan di Kubu Raya, termasuk kawasan rice estate. Namun bantuan itu akan lebih banyak di fokuskan di Kecamatan Sungai Kakap seluas 6000 hektare, mengingat kecamatan tersebut adalah leading sektor dari rice estate Kubu Raya," ucapnya.
Untuk memaksimalkan program SLPTT tersebut pemkab Kubu Raya sudah menganggarkan dana pendampingan yang dianggarkan dalam APBD 2011.
Dia juga mengatakan saat ini pihaknya telah mencangkan perluasan lahan pertanian di Desa Arang Limbung dan Desa Limbung di Kecamatan Sungai Raya, khususnya di kawasan sekitar Bandara Supadio.
"Perluasan pertanian di dua desa itu akan menggunakan pupuk tricoderma. Tujuannya agar petani tidak melakukan pembakaran lahan, karena pupuk tersebut memanfaatkan rumput kering dan daun-daunan sebagai bahan utamanya," jelas Harjo.
Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, Tahun 2011 ini pihaknya akan membuka 2000 hektare lahan pertanian baru yang tersebar di sembilan kecamatan di Kubu Raya.
"Perluasan lahan pertanian tersebut diarahkan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan beras lokal di Kubu Raya," kata Muda.
Lanjutnya, saat ini kawasan pertanian di Kecamatan Sungai Kakap dan Batu Ampar menjadi unggulan dalam produksi beras di Kubu Raya.
Namun dengan adanya program rice estate itu, tidak hanya dua kecamatan itu saja yang menjadi unggulan penghasil beras, namun kecamatan lain juga akan diunggulkan.
"Kita optimis, apabila seluruh program berjalan dengan baik maka angka kemiskinan dan pengangguran di Kubu Raya akan berkurang dengan sendirinya," kata Muda.(ROx)