www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Senin, 01 Februari 2010

Membangun Agro Bisnis di Pedesaan



Dalam rangka membangun daerah pedesaan menuju masyarakat agro sejahtera dan mandiri, Pemkab Kubu Raya dan Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) mengadakan kesepakatan dalam program Prima Tani untuk tahun 2010 Rabu (13/01). Dalam penandatangan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat Pemkab Kubu Raya dan pihak BPTP.
Prima Tani merupakan Program Pemerintah Pusat dan Daerah untuk mempercepat penyampaian dan pengembangan inovasi teknologi pertanian yang intinya membangun model percontohan Agro Industrial Pedesaan (AIP) dan Sistem Usaha Intensifikasi & Diversifikasi Usaha (SUID). Pelaksananya adalah masyarakat tani, lembaga swasta, Pemda, Badan Litbang, Deptan dan lembaga terkait lainnya yang bekerja bersama secara partisipatif dan terkoordinasi berdasarkan Rancang Bangun. Pada awal kegiatan Prima Tani, peran BPTP Kalimantan Barat sangat besar dan berangsur-angsur mengecil selanjutnya diambil alih oleh Pemda seiring ditransfernya kegiatan ini ke Pemda setempat.
Wujud dukungan yang diberikan berupa Laboratorium lapangan agribisnis dalam wilayah administratif Desa serta inovasi di bidang teknologi dan inovasi kelembagaan. Program ini bertujuan mempercepat pemasyarakatan dan adopsi teknologi inovatif, memperoleh umpan balik mengenai karakteristik teknologi tepat-guna spesifik pengguna dan lokasi, mewadahi dan mensinkronkan Program Lingkup Deptan, mempercepat pencapaian kesejahteraan petani, serta melestarikan sistem pertanian dan lingkungan yang hasil akhirnya diharapkan dapat terbentuknya Agro Industrial Pedesaan (AIP) dan terbentuknya Sistem Usaha Intensifikasi Diversifikasi (SUID). Pada tahap awal telah dibangun laboratorium lapangan agribisnis yang berlokasi di Desa Sui Itik Kecamatan Sui Kakap. Program Prima Tani yang dimulai sejak tahun 2005 juga diposisikan untuk mendukung Program Pengembangan Kawasan usaha Agribisnis Terpadu (KUAT) Kakap Bangkit. Dengan berjalannya program ini pendapatan rumah tangga tani di Desa Sui Itik mulai tahun 2005 sampai 2008 meningkat dari tahun ke tahun. Untuk program Prima tani tahun ini Pemkab Kubu Raya akan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan menyiapkan pembiayaan berupa APBD, DK, TP, DAK dan sumber daya lain yang tidak mengikat.

Humas Sekretariat Daerah
Kabupaten Kubu Raya