www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Minggu, 24 April 2011

DESA SUNGAI ASAM BUKA 170 HEKTARE SAWAH



Sungai Raya - Kelompok Tani Usaha Sejahtera Desa Sungai Asam Kecamatan Sungai Raya membuka areal pertanian baru seluas 170 hektare di desa mereka dan mulai melakukan penanaman perdana pada musim tanam gadu tahun ini.
"Total lahan pertanian yang akan kita buka di Dusun Tanjung Bayur seluas 200 hektare hanya saja baru tergarap 170 hektare tahun 2012 nanti, luasan lahan 200 hektare tersebut rencananya akan kit5a garap semua," kata Kepala Gabungan Kelompok Tani Usaha Sejahtera Abdulatif saat membuka kegiatan tanam gadu perdana di Desa Sungai Asam, Minggu.
Luasan lahan tersebut dibuka secara bersama sejak 2010 lalu. Dalam waktu satu tahun masyarakat Desa Sungai Asam mampu membuka lahan tidur tersebut untuk dijadikan lahan pertanian yang produktif.
Wakil Kepala Desa Sungai Asam Sarno menyatakan siap mendukung program pemkab Kubu Raya dalam menciptakan mandiri pangan di desa tersebut.
"Pembukaan areal pertanian ini merupakan buah pikiran almarhum Kepala Desa Sungai Asam, Mislan yang belum lama ini mangkat. Namun semangat pembangunan di sektor pertanian beliau telah tertanam dalam diri masyarakat, sehingga kita berkomitmen bersama-sama untuk meneruskan cita-cita almarhum," kata Sarno.
Dia menyatakan, lahan tidur di desanya cukup luas. Masih banyak lahan yang belum digarap dengan baik oleh masyarakat. Untuk itu dia yakin, dengan semangat masyarakat, Desa Sungai Asam bisa menjadi salah satu lumbung pangan di Kubu Raya.
"Kita juga sangat mendukung program Bupati Kub Raya Muda Mahendrawan yang menganjurkan masyarakat untuk mengkosumsi beras lokal. Karena pemkab telah menggaungkan program tersebut kami siap untuk menjalankannya," ucapnya.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, Suharjo menyatakan dalam rencana pembangunan jangka menengah, Desa Sungai Asam masuk dalam salah satu desa yang menjadi sasaran program Rice Estate, peningkatan kualitas pertanian.
"Dengan semangat masyarakat Desa Sungai Asam ini saya yakin target pencapaian 10 hingga 15 ton perhektare setiap masa panen bisa tercapai," ucapnya.
Untuk itu pihaknya berkomitmen akan menggiring masyarkat desa tersebut untuk menjalankan sistem pertanian terpadu di bawah bimbingan tim penyuluh.
Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang ikut langsung melakukan penanaman perdana bersama petani menyatakan potensi sumber daya alam dan semangat masyarakat desa Sungai Asam dalam mengelola areal pertanian menjadi suatu bukti kemauan besar masyarakat untuk mensejahterakan kehidupan mereka.
"Kubu Raya memiliki potensi yang besar untuk menjadi lumbung pangan Kalimantan Barat, bahkan Indonesia. Potensi ini harus kita manfaatkan bersama," ucap Muda.
Dia juga yakin, Desa Sungai Asam bisa menjadi salah satu lumbung pangan Kubu Raya seperti halnya rice estate di Kecamatan Kuala Mandor B.
"Yang jelas kita sangat bersukur karena antusias dan keseriusan masyarakat untuk menanam padi sangat besar. Itu juga yang menyebabkan saya semangat untuk ikut menanam padi bersama petani, sehingga ketika panen nanti, saya tidak merasa malu, karena saya juga ikut menanam," ucap Muda.(ROx)