www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Rabu, 04 Mei 2011

KUBU RAYA JADI TUAN RUMAH LAWARSDA

Sungai Raya - Kubu Raya menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Gelar Pengawasan Daerah (Lawarsda) yang di ikuti oleh seluruh Inspektorat yang ada di Kalimantan Barat.
"Kegiatan ini menjadi rutinitas tahunan sebagai upaya untuk menyamakan persepsi mengenai langkah-langkah yang di tempuh oleh Pemerintah Daerah dalam menindaklanjuti saran atas temuan Laporan Hasil Pemeriksaan Inspektorat di setiap kabupaten/kota," kata Kepala Inspektorat Kubu Raya, Ardanihans di Sungai Raya, Kamis.
Dia menjelaskan, kegiatan itu sudah di mulai sejak Selasa malam hingga Kamis besok.
Sementara itu, Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan Kalimantan Barat Bamabang Wahyudi mengatakan, Gelar Pengawasan Daerah itu merupakan kegiatan rutin Inspektorat Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat yang dilaksanakan setiap 4 bulan sekali atau percaturwulan.
Selain itu Larwasda juga sebagai proses penyamaan persepsi dan peran aktif dari Aparat Pengawas Internal Pemerintah.
"Kita meminta, agar keberadaan APIP ini tugasnya jangan hanya mengaudit data saja, akan tetapi lebih berperan kepada tindakan yang prepentif, baik itu berupa perencanaan, kerja pelaksanaan sampai kepada pelaporan pertanggungjawaban," kata Bambang.
Dia menambahkan, dengan di adakannya Larwasda ini juga sebagai upaya untuk mendorong pimpinan suatu kerja yang diperiksa agar menindaklanjuti semua hasil pemeriksaan yang menjadi tanggungjawabnya dan meningkatkan kualitas aparat pengawas fungsional Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat.
Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, Inspektorat harus lebih meningkatkan perannya di dalam melakukan pemutakhiran datanya.
Muda menambahkan dirinya tetap melakukan monitoring terhadap data-data yang sudah selesai dan data-data yang belum selesai, dan seandainya belum semua itu harus di kejar.
Muda mengungkapkan, apabila ada hal-hal yang belum terpenuhi dan belum memadai maka hal itulah yang harus di lakukan oleh Inspektorat di Kubu Raya.
"Sehingga dengan digelarnya Rapat Larwasda dan pemutakhiran data ini setiap Inspektorat yang ada di Kalimantan barat ini bisa menunjukan kapisitasnya dan kemampuannya serta peran mereka benar-benar bisa lebih tajam lagi," kata Muda.(ROx)