www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Selasa, 02 Februari 2010

Muda Sambut Baik Pembangunan Makodam



Kubu Raya. Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyambut baik pembangunan Markas Komando Daerah Militer (Makodam XII ) Tanjung Pura di Desa Tebang Kacang Kecamatan Sungai Raya. Peninjauan lokasi pembangunan Makodam Sabtu (30/1) lalu dihadiri oleh Jendral TNI Goerge Toisutta beserta rombongan.
Muda yakin pembangunan ini akan memberikan dampak baik di segala sektor terutama perekonomian. Fasilitas yang akan dibangun berupa sarana kantor seluas 36 Ha, perumahan dinas untuk 3.060 personel seluas 64 Ha, fasilitas umum 24 Ha, dan sebesar 30 persen untuk riset serta 60 Ha untuk daerah resapan.
Dengan adanya pembangunan ini tentunya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan Tebang Kacang maupun Kecamatan Sungai Raya. “Rencanya akan dibangun perumahan dinas untuk 3.060 personel. Dengan jumlah personel sebesar itu tentu akan menggerakkan sektor riil, terutama untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, para personel akan berbelanja di sekitar kawasan Tebang Kacang, hal ini akan memunculkan sentra-sentra perdagangan baru terutama toko sembako dan lainnya,” ungkap Muda.
Kebutuhan sehari-hari ini akan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memenuhinya. “Kebutuhan seperti sayur mayur, lauk pauk termasuk beras merupakan peluang pasar bagi para petani dan nelayan, apalagi jumlah personel yang ditempatkan ribuan orang,” paparnya.
Dalam proses pembangunannya kelak juga akan memberikan dampak bagi perekonomian. “Dampak yang paling awal bahwa ada pergerakan ekonomi dengan proses pembangunan yang dilakukan seperti suplai bahan bangunan, tenaga kerja maupun warung-warungmakan dan minum,” ungkap Muda.
Pembangunan infrastruktur pendukung lainnya akan membuka kases bagi masyarakat seperti pembangunan jalan. “Saya mewakili masyarakat Kubu Raya menyampaikan terima kasih karena telah ditempatkan pembangunan Makodam disini,” katanya.
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasat) Jenderal TNI George Toisutta mengatakan dibentuknya Kodam di Kalbar selain mendapat sambutan positif dari masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalbar, juga sebagai pengulangan sejarah karena sebelumnya Kodam VI TPR berada di Kalbar sebelum dipindahkan ke Kalimantan Timur.
“Secara jujur dibentuknya Kodam untuk kepentingan pertahanan dan keamanan, tetapi juga ada kerinduan masyarakat akan ditingkatkannya status Korem menjadi Kodam,” kata George.
Pembangunan Kodam secepatnya akan dilakukan pada 2010, dan masih beberapa proses yang harus dilalui dalam pembentukan Kodam. “Mabes menargetkan tahun 2010 paling lambat bisa pertengahan dan akhir tahun tergantung anggaran,” ungkapnya.

Sekretariat Daerah
Kabupaten Kubu Raya