www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Senin, 01 Februari 2010

Beras Lokal Kubu Raya 10 Ribu Karung Diluncurkan



Kubu Raya. Sebanyak 10 ribu karung beras lokal Kubu Raya diluncurkan selasa (26/1) kemarin. Peluncuran beras lokal ini dihadiri langsung oleh Menteri Pertanian, Suswono yang sekaligus meresmikan Tahun Mekanisasi Pertanian di Kecamatan Sungai Kakap. “Beras lokal yang dicanangkan mulai akhir tahun lalu hingga saat ini sudah mencapai 100 ton. Meski jumlah itu tidak terlalu besar, namun produktivitas para petani sudah bisa terukur,” ujar Kadis Pertanian dan Peternakan Kubu Raya, Ir. H. Saharjo MA usai peluncuran lalu.
Ia berharap kedepannya beras lokal Kubu Raya bukan hanya dikonsumsi oleh seluruh PNS di lingkungan Pemkab kubu Raya saja. “Masyarakat pun kita anjurkan untuk mengkonsumsi beras lokal ini” lanjutnya.
Saharjo yakin, setelah peluncuran ini, pemberdayaan beras lokal semakin maksimal dalam hal penyediaan dan pendistribusian barang serta pemasarannya. Saat ini Kubu Raya sudah memiliki berbagai keistimewaan, diantaranya memiliki dua kawasan KUAT (Kecamatan Sungai kakap dan Rasau Jaya), satu Kota Terpadu Mandiri (Kecamatan Rasau Jaya) dan pusat ALSINTAN (Kecamatan Sungai Kakap).
Ia menambahkan, untuk menindaklanjuti program beras lokal yang diterapkan tahun 2010 ini, pihaknya akan memperluas areal-areal untuk mendukung gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan penyedia sarana penggilingan padi. “Kita juga memperluas areal binaan binaan bisa terakomodir,” jelasnya.
Ini dilakukan agar pemberdayaan beras lokal mempunyai nilai tambah atau pendapatan bagi petani. Oleh karena itu pangsa pasarnya sudah jelas dan harus berdampak pada kesejahteraan para petani, lanjutnya.
Dalam peluncuran itu, Menteri Pertanian Suswono menghimbau kepada kabupaten/Kota di Kalimantan Barat agar bisa menerapkan pemberdayaan beras lokal yang yang telah diterapkan Kabupaten Kubu Raya. Menurutnya hal ini dapat dijadikan contoh bagi daerah lainnya. “Seharusnya tidak hanya di Kabupaten Kubu Raya, Daerah lain juga dapat menerapkan program seperti ini, kata suswono.
Suswono mendukung konsep yang telah diterapkan Pemkab Kubu Raya. bahkan ia mengapresiasi upaya Pemkab Kubu Raya yang telah memberikan perhatian khusus terhadap pertumbuhan pertanian.

Humas Sekretariat Daerah
Kabupaten Kubu Raya