www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Selasa, 02 Maret 2010

Peresmian Pasar Rakyat dan Pemadam Api Sungai Kakap




SUNGAI KAKAP. Dalam rangka mendukung pelaksanaan puncak ritual robo’-robo’ 1431 Hijriah atau tahun 2010, Wakil Bupati Kubu Raya, Andreas Muhrotien didaulat untuk meresmikan secara langsung pasar rakyat di pasar Beringin Desa Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap Selasa (8/2) lalu yang dilanjutkan dengan peresmian bangunan baru Badan Pemadam Api Sungai Kakap yang terletak di sekitar kompleks pasar.
Acara yang dimulai dengan pawai nusantara dengan salah satu tariannya berupa tari Bali yang dibawakan oleh siswa-siswi pelajar Desa Sungai Kakap ini menunjukkan bahwa Kecamatan Sungai kakap dengan Multikulturisme yang berjalan dengan baik.
Andreas berpesan, “Para pengurus badan sosial tidak perlu berkecil hati, sebab para pemadam kebakaran disini bekerja tanpa gaji tapi mereka bekerja dengan maksimal dan tanpa pamrih malah di Jawa, mereka digaji tapi kinerjanya jauh berbeda dengan para petugas pemadam kebakaran yang ada disini”, ujarnya.
Untuk itu, saat ini BPA yang sudah memiliki satu buah mobil dan dua mesin diharapkan pada tahun berikutnya akan bertambah satu lagi. “Mulai dari yang kecil dulu, mudah-mudahan semangat yang kecil seperti ini datang dari Sungai Kakap untuk Kubu Raya”, ucap Anderas.
Camat Sungai Kakap, Sudiono Supriyanto mengatakan untuk pelaksanaan robo’-robo memang setiap tahunnya hanya dilakukan ritual saja, namun untuk tahun ini masyarakat setempat sudah mengemas kegiatan ini tidak hanya mengenai adat dan ritual. “Untuk tahun ini kita coba satu paket dalam rangka mendukung Visit Kalbar Year, yang tentunya meningkatkan kegiatan pariwisata di kalbar,” katanya.
Ritual robo’-robo’ pada Rabu (10/2), dikemas dalam acara berupa Sholat Shafar berjama’ah (bersama-sama) sekaligus Zikir yang siang harinya dilanjutkan dengan pelaksanaan ritual dan tolak bala robo’-robo’. “Acara selanjutnya kita paketkan untuk mengunjungi kelenteng tengah laut. Di sana akan kita tampilkan makanan ringan khas Tionghoa,” Jelasnya.

Humas Sekretariat Daerah
Kabupaten Kubu Raya