www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Rabu, 20 Oktober 2010

OPTIMALKAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT

SUNGAI RAYA. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya fokus dibidang kesehatan masyarakat. Hal ini disampaikan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan dalam Rapat Kooordinasi dalam rangka Sosialisasi & Publikasi Data Kependudukan dan Kesehatan Kab. Kubu Raya Selasa (19/10). Rapat yang dihadari sejumlah tenaga kesehatan dan pendidikan KKR serta para dekan Untan ini bertemakan Pendidikan dan Kesehatan untuk Semua.
Muda mengatakan bahwa pendidikan dan kesehatan merupakan kebutuhan dasar masyarakat. “Pendidikan dan kesehatan penentu tingkat kesejahteraan”, ungkapnya. Upaya percepatan dimulai dengan database yang tepat dan perencanaan yang benar di tingkat implementasinya, seperti tata kelola administrasi, sistem monitoring dan kontrol yang fokus kepada sasaran.
Dibidang kesehatan yang dibutuhkan yaitu dengan memperbanyak pusat-pusat kesehatan di tingkat kecamatan yang menghubungkan kecamatan dan desa. Di tiap kecamatan minimal ada puskesmas rawat inap, pustu menjadi puskesmas dan diagendakan poskesdes dan polindes. Sebagai upaya monitoring, strateginya memecah atau memperbanyak puskesmas dibanding rumah sakit, karena di tingkat kecamatan dan desa lah yang lebih membutuhkan pelayanan kesehatan dibanding rumah sakit tapi dengan jumlah yang sedikit. Pola pelayanan yang menyebar diharapkan dapat menjangkau masyarakat secara luas.
Muda juga berharap peran serta masyarakat secara aktif dalam hal ini. “Harapan dari Pemkab upaya percepatan bisa membuat seluruh komponen bisa melibatkan diri secara aktif dalam proses pelayanan, admisnistrasi dan sebagainya sehingga peningkatan dibidang kesehatan berjalan optimal” ujarnya.

Humas Sekretariat Daerah
Kabupaten Kubu Raya