www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Rabu, 18 April 2012

PKK: TONJOLKAN KARAKTER DESA DENGAN KOMPETISI

Sungai Raya, 15/4 - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda Mahendrawan mengharapkan, setiap desa di kabupaten itu meningkatkan potensi dan pembangunan dengan menonjolkan karakter yang menjadi ciri khas masing-masing.
"Setiap desa harus memiliki ciri khas dan karakter masing-masing agar bisa memiliki nilai tambah dari berbagai aspek pembangunan. Melalui kegiatan lomba desa se-Kubu Raya, Kalimantan Barat, yang diikuti oleh 110 desa, diharapkan menjadi ajang kompetisi untuk meningkatkan percepatan pembangunan di setiap desa," katanya di Sungai Raya, Minggu.
Rosalina menilai kegiatan tersebut sebagai ajang kompetensi sekaligus bentuk evaluasi hasil pembangunan desa yang bersifat mendorong kebersamaan dan swadaya gotong royong.
"Penilaian kali ini untuk mengevaluasi dan menilai tingkat perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah dan pemerintah daerah bersama masyarakat sehingga dapat mengindikasikan tingkat perkembangan desa selama kurun waktu tertentu," tuturnya.
Dia menjelaskan, ada delapan indikator yang akan dinilai meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan desa, lembaga masyarakat serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.
Ditambah dengan empat indikator pada tingkat nasional diantaranya keberhasilan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat dan penguatan pemerintahan desa, inisiatif dan kreativitas daerah dalam pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa, tingkat kepatuhan kepada kebijakan penyelenggaraan pemerintah dan kinerja camat.
Desa-desa yang telah masuk dalam katagori penilaian antara lain Desa Padang Tikar II di Kecamatan Padang Tikar, Desa Retok Kecamatan Kuala Mandor B, Desa Teluk Empening di Kecamatan Terentang, Desa Jangkang Dua di Kecamatan Kubu, Desa Teluk Pakedai II di Kecamatan Teluk Pakedai, Desa Sungai Bulan di Kecamatan Sungai Raya, Desa Rasau Jaya I di Kecamatan Rasau Jaya, dan Desa Korek di Kecamatan Sui Ambawang.
"Sementara Kecamatan Sui Kakap tidak mengikuti lomba desa mengingat sudah merupakan desa-desa mandiri. Desa-desa yang diikutkan adalah desa-desa binaan menuju desa mandiri," kata Rosalina lagi.
Kepala Desa Retok, Sahidin mengatakan desanya siap menyajikan berbagai potensi unggulan. Salah satunya tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksaan program kegiatan pembangunan desa.
Begitu pula unggulan lain seperti pertanian dan perkebunan, perikanan, pelayanan kesehatan dan kehidupan bermasyarakat.
Sementara Camat Kuala Mandor B, Yansen Sibarani berharap tim penilai menikmati kehidupan bermasyarakat di Desa Retok yang terdiri dari dua suku besar yakni Dayak dan Madura bisa hidup berdampingan dengan kompak dan akrab, tidak pernah terpancing isu konflik apapun sepanjang peradaban mereka.
"Dengan semangat kekeluargaan dan semangat dalam membangun, Desa Retok merupakan desa terbaik se-Kuala Mandor B, oleh karena itu saya ajukan untuk ikut lomba desa, disini persaudaraan dan gotong royongnya sangat kuat," tuturnya.(ROx)