www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Minggu, 20 Desember 2009

Sungai Kakap Tuan Rumah Peringatan Hari Nusantara






Sungai Kakap Tuan Rumah Peringatan Hari Nusantara

SUNGAI KAKAP, Peringatan Hari Nusantara ke-10 yang jatuh pada tanggal 13 Desember 2009 diperingati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya dengan upacara Bendera di halaman Kantor Camat Sungai Kakap (14/12). Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan dalam sambutannya mengajak semua pihak untuk saling menjaga keutuhan NKRI baik daratan maupun lautannya, ungkapnya.
Wilayah Kubu Raya yang sebagian besar merupakan wilayah pesisir sangat kaya akan potensi lautnya. Tema peringatan hari nusantara tahun ini yaitu: “Laut Sebagai Ruang Hidup dan Ruang Juang Bangsa Indonesia untuk Kesejahteraan Rakyat”. Dengan tema ini memaknai kita bahwa laut nusantara dapat dijadikan sebagai pilar utama ekonomi bangsa. Muda mengingatkan, secara Nasional ada 3 (tiga) agenda kedepan yang harus dilakukan. Pertama membuat kebijakan Kelautan Nasional (national ocean policy) yang payung hukum dan roadmap untuk arah pembangunan nasional sektor kelautan; kedua menyiapkan kebijakan ekonomi kelautan nasional (national ocean economy policy), kebijakan ini merupakan roadmap yang menuntun penggunaan dan pemanfaatan ocean resources (sumberdaya kelautan) yang didedikasikan untuk kepentingan nasional yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat; dan ketiga adalah tata kelola yang baik untuk kelautan (ocean governance). Ocean governance ini merupakan panduan atau code of conduct dalam pengelolaan kelautan secara holistik.
Diakhir upacara Muda menyerahkan bantuan kepada anak-anak nelayan Desa setempat berupa beasiswa mulai dari tingkat SD hingga SMU, diantaranya adalah; Gatra Masardi dan Jaya Saputra siswa SDN 43 Sungai Kakap yang masing-masing mendapatkan beasiswa sejumlah Rp 360 ribu rupiah, M.Fikri dan Indah Nurkumalah siswa SMPN 10 Satu Atap Sepok Laut yang masing-masing mendapatkan beasiswa sejumlah Rp 360 ribu rupiah, Dede Busanti dan Nuryanti, siswa SMUN 1 Sungai Kakap yang masing-masing mendapatkan beasiswa sejumlah Rp 400 ribu rupiah.
Acara yang berlangsung hingga rabu (16/12) nanti ini juga dmeriahkan dengan berbagai kegiatan, diantaranya lomba memasak menu serba ikan yang pesertanya terdiri dari Kec. Sungai Kakap, Rasau Jaya, Sungai Ambawang Terentang dan Teluk Pakedai, penyuluhan tentang kelautan kepada masyarakat dan pelajar, kerja bhakti masal membersihkan pantai dan penanaman pohon mangrove/bakau di pantai muara sungai kakap serta lomba memancing ikan di kolam ikan Sungai Raya.

Humas Sekretariat Daerah
Kabupaten Kubu Raya