www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Senin, 16 Mei 2011

DEKRANASDA GANDENG PUTERI WISATA KEMBANGKAN KERAJINAN TANGAN


Sungai Raya - Ketua Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda mahendrawan mengatakan akan menggandeng para puteri pariwisata untuk bisa membantu pihaknya dalam mengembangkan kerajinan tangan dan kesenian daerah di kabupaten tersebut.
"Antara pariwisata dan kerajinan tangan atau yang lebih di kenal dengan handycraf merupakan satu hal yang tidak dapat dipisahkan. Karena jika ada wisatawan berkunjung ke suatu daerah, tentu ada oleh-oleh khas daerah yang akan mereka cari," katanya saat menerima kunjungan 17 calon putri pariwisata Kubu Raya di Sungai Raya, Kamis.
Rosalina mengatakan, putri pariwisata memiliki peranan penting dalam memprovokasi masyarakat untuk bisa mengembangkan suatu potensi wisata di daerah mereka masing-masing.
Dia berharap puteri pariwisata Kubu Raya bisa mengajak masyarakat untuk memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam dan Manusia daerahnya menjadi suatu kerajinan yang memiliki nilai jual.
"Sebagai ikon wisata, tentu hal itu harus dilakukan oleh puteri pariwisata. Tentu banyak kerajinan tangan yang dihasilkan masyarakat yang bisa di angkat oleh peteri wisata untuk menunjang wisata di daerahnya masing0masing," tuturnya.
Dia menconohkan, di kecamatan Batu Ampar, Sungai Kakap, Sungai Ambawang dan beberapa kecamatan lainnya memiliki kerajinan tangan dan penganan khas yang bisa dijual kepada para wisatawan.
Jika hal itu bisa di manfaatkan dengan baik, tentu akan menjadi sovenir khas bagi Kubu Raya. Sehingga jika ada wisatawan yang datang berkunjung ke Kubu Raya, mereka sudah bisa mendapatkan barang-barang khas dari kabupaten itu.
"Kita telah memiliki gria Dekranasda yang menampung kerajinan tangan dan penganan khas masyarakat di setiap kecamatan. Melalui gria tersebut tentu potensi-potensi kerajinan tangan dan penganan tersebut bisa di pasarkan," kata Rosalina.
Ketua Tim Penggerak PKK Kubu Raya itu juga menambahkan, jika hasil kerajinan tangan dan penganan khas masyarakat tersebut bisa dijual tentu memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian masyarakat.
Hal tersebut sejalan dengan program pemerintah Kubu Raya yang mengedepankan pendidikan kewirausahaan bagi masyarakat sebagai upaya pengurangan angka pengangguran dan peningkatan ekonomi masyarakat.
"Untuk itulah kita sangat mengharapkan bantuan dari puteri pariwisata itu agar bisa menjadi mitra bagi Dekranasda," kata Rosalina.(ROx)