www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Senin, 16 Mei 2011

PENGEMBANGAN POTENSI WISATA DENGAN MENGUBAH POLA PIKIR MASYARAKAT

Sungai Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di kabupaten yang dipimpinnya diperlukan perubahan pola pemikiran masyarakat untuk lebih kreatif dalam mengelola potensi wisata yang ada.
"Melalui putri wisata ini lah diharapkan dapat memberikan perubahan paradigma dari pola pikir masyarakat tersebut," kata Muda saat melakukan audiensi dengan 17 calon putri pariwisata Kubu Raya di Sungai Raya, Kamis.
Menurutnya, jika masyarakat bisa kreatif dalam memanfaatkan potensi wisata yang ada di sekitarnya, tentu dapat menjadi nilai tambah dalam mengembangkan potensi wisata yang ada.
Dia mencontohkan masyarakat Bali dan Jokjakarta yang bisa mengkombinasikan potensi wisata dengan kreatifitas membuat kerajinan tangan. Hal tersebut menjadi suatu nilai tambah bagi kemajuan wisata di dua daerah tersebut.
"Hal itu juga yang kita aharpkan dapat dilakukan oleh masyarakat Kubu Raya. Di setiap kecamatan memiliki potensi wisata yang cukup bagus, tinggal di poles dan didukung dengan sarana prasarana yang memadai maka potensi wisata tersebut bisa bertambah," ucapnya.
Muda kembali mencontohkan, di Kecamatan Kubu memiliki objek wisata sejarah, ritual dan wisata alam. Di kecamatan Sungai Kakap memiliki potensi wisata budaya dan rekadena. Demikian dengan kecamatan lainnya yang juga memiliki potensi wisata yang tinggal di kelola, maka bisa menimbulkan daya tarik wisatawan.
"Letak Kubu Raya sangat strategis, sehingga memberikan keuntungan tersendiri bagi kabupaten ini untuk mengembangkan wisatanya. Begitu masyarakat luar datang ke Kalimantan Barat melaluui gerbang udara, sudah menginjakkan kaki ke kUbu Raya, peluang ini jangan sampai kita sia-siakan," kata Muda.
Untuk itu dia berharap putri pariwisata yang menjadi ikon wisata di Kubu Raya bisa mengembangkan potensi-potensi tersebut dengan bekerjasama instansi terkait, hal itu bisa dengan mudah dilakukan.
"Kalau pola pikir masyarakat sudah bisa di ubah, tidak perlu lagi melakukan promosi secara besar-besaran, karena dengan sendirinya para wisatawan akan datang berbondong-bondong ke Kubu Raya," kata Muda.
Demikian halnya dengan Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Sujiwo juga mengatakan hal serupa dengan Bupati Kubu Raya.
"Pemilihan putri pariwisata ini kita harapkan tidak hanya menjadi kegiatan seremonial, tetapi harus lebih ditekankan kepada pendayagunaan utri terpilih. Dalam artian peran putri pariwisata terpilih jelas dituntut untuk memajukan wisata di kabupaten ini," kata Sujiwo.(ROx)