www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Selasa, 02 Maret 2010

Perayaan Robo’- Robo’ Meriahkan Sungai Kakap




Sungai Kakap. Peringatan Robo’- Robo’ yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2010 merupakan salah satu kegiatan budaya masyarakat khususnya kalangan suku bugis yang di laksanakan secara turun temurun yang berawal dari masyarakat di pulau Sulawesi. Di Kabupaten Kubu Raya, kegiatan ini berpusat di Kecamatan Sungai Kakap yang selalu ramai dikunjungi masyarakat setiap tahunnya.
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan yang membuka acara tersebut mengatakan budaya robo’- robo’ dapat mempersatukan multi etnik dan menjadi satu budaya kemasyarakatan. Ia berharap pemuda dan masyarakat dapat melestarikan kebudayaan serta menjadikan budaya yang ada di KKR sebagai aset wisata dengan menawarkan promosi daerah.
Meski diguyur hujan, kegiatan robo’- robo' kali ini berlangsung meriah. Kegiatan ini selain diisi dengan ritual buang-buang juga ada tarian tradisional dan doa selamat.
Kegiatan Robo Robo, mengandung maksud, menolak bencana dengan mengadakan pembacaan do’a tolak bala, yang bertujuan mengucapkan puji syukur kepada Tuhan YME. Rasa syukur tersebut diwujudkan dengan kegiatan berupa pembacaan doa selamat, dan dilanjutkan dengan perlombaan sampan, bazaar makanan serta pameran pariwisata.
Ketua panitia, Sy Umar Abdulah mengatakan saat ini panitia telah menyelenggarakan kegiatan secara optimal.
Namun, karena cuaca yang tidak mendukung ada beberapa agenda yang kurang maksimal. Ia juga berharap agar acara tahunan ini dapat dianggarkan Pemkab KKR sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan lebih meriah.

Humas Sekretariat Daerah
Kabupaten Kubu Raya