www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Kamis, 15 Maret 2012

KUBU RAYA PERKUAT PERAN RT


Sungai Raya, Kalbar, 22/12 - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan memperkuat program peningkatan peran dan fungsi RT dalam memberdayakan mayarakat mempercepat pembangunan.
"Selama ini peran RT masih belum dimaksmalkan, khususnya dalam membantu tugas pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan. Karena RT selama ini hanya ditugaskan sebagai pembuat pengantar dalam administrasi kependudukan," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, di Sungai Raya, Kamis.
Dia menyatakan, paradigma RT sebagai pembuat pengantar administrasi kependudukan harus di ubah oleh ketua RT itu sendiri. Karena pada dasarnya ketua RT memiliki peran yang sangat urgent dalam menggerakkan dan memberdayakan masyarakat.
"Untuk meningkatkan peran RT dalam memberdayakan masyarakat itu tahun 2012 mendatang kita telah membuat suatu program pemberdayaan RT," katanya.
Muda menjelaskan, tahun 2010 dan 2011 lalu, pemkab Kubu Raya sudah mulai memberdayakan RT dalam menggerakkan masyarakat melakukan pembangunan. Salah satunya dengan melakukan pembangunan imbal swadaya yang menjadi salah satu program yang dinilai memberikan dampak besar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur, termasuk dalam peningkatan rasa gotong royong masyarakat.
Selain itu, RT juga sudah dilibatkan dalam pembangunan ekonomi masyarakat dan diarahkan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam memanfaatkan perkarangan rumah sebagai lahan pertanian, budidaya ikan dan tanaman holtikultura. Tujuannya, meski tidak terlalu memberikan pemasukan yang besar di bidang ekonomi, paling tidak dengan adanya pemanfaatan pekaranagn rumah tersebut masyarakat bisa meningkatkan kebutuhan gizi keluarga.
"Kedepan, banyak program pemberdayaan RT yang akan kita lakukan, karena kita sadar betul RT memiliki peran strategis dalam membantu tugas pemerintahan. Makanya, kita juga akan meningkatkan tunjangan bagi ketua RT agar bisa menjalankan program pemberdayaan tersebut," tuturnya.
Dia mengatakan, nantinya Camat yang akan berperan aktif dalam memberdayakan RT. Sedangkan pemkab Kubu Raya hanya akan memberikan penguatan terhadap program yang ada.
Untuk itu, Muda berharap dengan diberdayakannya para RT dalam mendukung program pemerintah daerah, para RT bisa berinisiatif dalam mengembangkan program-program yang akan dijalankannya.
"Tidak perlu terlalu muluk-muluk, bisa dimulai dari mengajak masyarakat untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong, poskamling dan mengajak masyarakat untuk memberdayakan perkarangan rumahnya," kata Muda.(ROx)