www.antarakalbar.com

http://antarakalbar.com/
Menjadi "Sahabat Rakyat Kecil" bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, perlu pengorbanan dan keikhlasan dalam bertindak dan mengambil suatu keputusan hati nuraniku selalu mengatakan untuk tetap bersahabat, karena aku bagian dari mereka akan kuabdikan diriku sebagai pejuanganmu menuju kebahagiaan bersama....
Powered By Blogger

Minggu, 07 November 2010

KUBU RAYA PERCEPAT LAYANAN KESEHATAN DENGAN KKD

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan akan mempercepat layanan kesehatan kepada masyarakat dengan melibatkan Komite Kesehatan Desa yang menjadi ujung tombak dari Dinas Kesehatan kabupaten yang dipimpinnya.
"KKD harus cepat tanggap dalam memantau kesehatan masyarakat. Jika ada suatu permasalahan kesehatan di tengah masyarakat maka KKD harus bisa bergerak cepat mendata dan memberikan informasi yang falid kepada petugas kesehatan yang ada di desa dan kecamatan, sehingga upaya pencegahan dapat dilakukan dengan cepat," kata Muda saat membuka kegiatan pelatihan bagi 30 anggota KKD, Rabu (27/10).
Lanjut Muda, selain menjadi mediator antara Dinas Kesehatan dan masyarakat, KKD nantinya harus memperbanyak kegiatan diskusi kesehatan dengan masyarakat di desa mereka bertugas. Hal itu perlu dilakukan untuk membangun paradigma dan kesadaran dari masyarakat mengenai pentingnya kesehatan di lingkungan keluarga dan masyarakat. Itu juga diarahkan untuk mempercepat informasi kesehatan bagi masyarakat dalam upaya menurunkan angka gizi buruk, kematian pada ibu melahirkan pemberantasan demam berdarah dan program kesehatan lainnya.
"Dalam menjalankan tugasnya, para anggota komite kesehatan desa ini wajib memberikan infoemasi mengenai kesehatan dari masyarakat," terang Muda.
Muda yang mencetuskan program KKD itu juga menambahkan, dalam menjalankan tugasnya nanti, selain karakteristik masyarakat yang beragam dan kondisi geografis kubu raya dan kondisi desa yang luas akan menjadi tantangan tersendiri bagi anggota KKD.
"Untuk itu kepiawaian dari anggota KKD dan pendekatan yang baik dengan masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjalankan tugasnya. Sehingga ketekunan dan keseriusan dari setiap anggota jelas sangat diperlukan," terangnya.
Untuk mengevaluasi kinerja KKD, Pemkab Kubu Raya akan melakukan evaluasi dalam jangka waktu tertentu. "Tolak ukur penilaiannya dilakukan dengan melihat antusias masyarakat atas keberadaan KKD itu dan seberapa banyak koordinasi yang dilakukan oleh KKD dengan petugas kesehatan," jelas Muda.
Plt Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Titus Nursiwan menambahkan anggota KKD itu dipilih dari desa asal mereka masing-masing. Sehingga anggota KKD itu tentu lebih mengenal daerah dan masyarakat serta permasalahan kesehatan di daerahnya sendiri.
"Memang mereka bukan berasal dari latar belakang kesehatan, namun mereka diberikan bekal tentang berbagai penyakit dan solusi pengobatannya secara mendalam agar mereka bisa mudah dalam menjalankan tugasnya," terang Titus.
Karena program itu tergolong baru dan hanya di lakukan Pemkab Kubu Raya, sementara ini baru ada 30 desa yang menjadi sasaran program itu. 30 Desa itu dipilih berdasarkan banyaknya kasus kesehatan dan letak daerah yang berada jauh dari layanan kesehatan.
"Jika program ini berhasil dan antusias masyarakat baik, maka kita akan melakukan program serupa pada desa lainnya," tukas Titus.

Humas Sekretariat Daerah
Kabupaten Kubu Raya